Selasa, 30 Juni 2015

PELATIHAN SOFT SKILL “SUKSES MELAMAR KERJA”

PELATIHAN SOFT SKILL  “SUKSES MELAMAR KERJA”
Melamar kerja sebenarnya tidak sulit tapi jika ingin surat lamaran kerja dan curriculum vitae tersebut membawa pelamar kerja ke tahap wawancara kerja, dan lolos tahap itu, maka ada beberapa hal yang harus dipelajari terlebih dahulu.

Pengetahuan dan keterampilan melamar kerja sebenarnya sangat dibutuhkan namun sayangnya jarang diajarkan di bangku sekolah atau kuliah. Karena itu kami menyediakan paket workshop dan seminar untuk lembaga pendidikan dan masyarakat umum.

Presiden Direktur C59 Marius Widyarto Wiwied mengatakan, sedikit sekali sarjana yang siap kerja karena minimnya penguasaan soft skill. Lulusan perguruan tinggi rata-rata pintar, namun tidak banyak yang menguasai soft skill (Pikiran Rakyat, 23 Mei 2009).

Orang-orang sukses di AS seperti Jack Welch (General Electric), Bill Gates (Microsoft), Andy Grove (Intel), Lou Gerstner (IBM), Michael Dell (Dell Computer), Mike Armstrong (AT&T), John Chambers (Cisco System), dan Frederick Smith (Federal Express). Mereka semua memiliki keterampilan lunak (soft skill) sebagai syarat sukses di dunia kerja. Mereka juga sepakat bahwa yang paling menentukan kesuksesan bukanlah keterampilan teknis, melainkan kualitas diri yang termasuk dalam kategori soft skills (Lesson from The Top, Neff & Citrin 1999).

APA SIH PELATIHAN SOFT SKILL ITU?
Pelatihan soft skill atau keterampilan lunak adalah pelatihan yang mengajari dan melatih setiap peserta agar mampu menggali potensi diri yang terpendam, yg biasanya tidak diajarkan di Perguruan Tinggi.

UNTUK APA PERLUNYA PELATIHAN SOFT SKILL?
Sebagaimana yang sudah disepakati para ahli tingkat dunia, bahwa kelemahan para sarjana kita sehingga sulit mencari kerja karena mereka para sarjana umumnya lemah dalam soft skill. Mereka di kampus lebih banyak diajarkan hard skill (keterampilan keras). Padahal, soft skill itu menjadi kunci seseorang memasuki dunia kerja. Bahkan semakin seseorang memiliki soft skill yang bagus, maka karirnya akan semakin bagus ketika mereka bekerja nanti.

MENGAPA MENGGUNAKAN JASA KAMI?

- SPESIALIS: Kami mengkhususkan diri pada bidang penulisan surat lamaran kerja dan curriculum vitae sejak tahun 2004.
- AHLI: Kami memiliki keahlian dan pengalaman dalam jobhunting, menulis surat lamaran kerja, curriculum vitae, wawancara kerja serta dalam proses rekrutmen.
- ONLINE: Selain pelatihan secara langsung (online) Untuk menghemat waktu dan memudahkan pelamar kerja dari berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri, kami juga menyediakan fasilitas konsultasi via chat dan email, serta penulisan secara langsung/live dengan Google Drive.
- BILINGUAL: Untuk memenuhi tuntutan pasar kerja internasional, kami melayani komunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

APALAGI KEUNTUNGANNYA?
dengan mengikuti program ini, selain mendapatkan sertifikat anda juga akan mendapakan bimbingan secara praktis mengenahi jobhunting, menulis Curriculume Vitae, menulis Surat Lamaran secara langsung dan efektif, anda juga akan dibimbing untuk bisa mengenal dan menganalisa potensi diri serta trik dan tips mengenahi bagaimana presentasi yang tepat disaat wawancara dan pendekatan

BERAPA LAMA PELATIHANNYA?
Untuk 3 modul itu 8 jam efektif (sehari),

DIMANA TEMPAT PELATIHANNYA
Sehubungan dengan harga yg sangat murah, pelatihan tentunya di Aula Kampus

BERAPA PESERTA SETIAP KELAS?
Tidak seperti pelatihan soft skill karyawan perusahaan yg efektif cuma 25 orang per kelas, pelatihan ini per kelas bisa antara 100-1000 orang, dengan desain pelatihanyang lebih komunikatif dengan menggunakan metode Prsentasi, Diskusi, Role Play, dan praktik.

BIAYA PELATIHAN
Biaya pelatihan 3 kopetensi soft skill adalah Rp 200.000,-
+BIAYA PENDAFTARAN SEBESAR Rp.50.000= 250.000,-

FASILITAS SELAMA PELATIHAN APA SAJA
Dalam setiap pelatihan, di samping materi, setiap peserta akan mendapatkan 1x snack dan tentunya setiap modul akan diberikan SERTIFIKAT.

TARGET KOPETENSI PELATIHAN
- Peserta mampu menentukan karir yang dituju
- Peserta mampu menganalisis pengalaman kerja yang dimiliki beserta fakta pendukungnya
- Peserta memahami cara membangun portfolio pengalaman kerja dan jaringan
- Peserta memiliki rencana tindak lanjut
- Peserta memahami format dan kerangka curriculum vitae
- Peserta memahami cara-cara untuk menampilkan kesan unik dengan pemakaian bahasa yang efektif
- Peserta mampu menulis curriculum vitae yang efektif
- Peserta dapat menganalisis potensi beserta faktanya
- Peserta dapat menganalisis manfaat yang dapat diberikan bagi perusahaan/calon atasan
- Peserta mampu menulis surat lamaran kerja secara efektif dengan cara menyampaikan potensi, fakta, manfaat serta membuka dan menutup surat dengan memikat.
- Peserta mengerti kekhawatiran pewawancara dan cara mengatasinya
- Peserta mendapat pengalaman menghadapi wawancara kerja

SIAPA PEMBICARA PELATIHAN?
Latar belakang kami yg mengelola lembaga pelatihan, tentunya kami siapkan tim trainer yg profesional di bidangnya.

KAPAN PELAKSANAAN PELATIHAN?
Jadwal Pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing intansi

BERAPA DURASI PELATIHAN?
Pelatihan SOFT SKILL durasi 8 jam efektif (sehari penuh)


MATERI SOFT SKILL
1. Jobhunting
Pembekalan bagi mahasiswa/ siswa yang akan lulus sangat dibutuhkan agar mereka tidak kaget saat menghadapi dunia kerja. Untuk itu, Pengembangan Diri dan pembekalan tentang dunia kerja sangat penting untuk dilakukan agar para job seeker (para pencari kerja)bisa menyikapi dan mempersiapkan diri dalam menentukan dan menghadapi dunia kerja sesungguhnya.

2. Curriculum Vitae dan Surat Lamaran Kerja
Kami memahami bahwa setiap orang memiliki karakter dan tujuan karir yang berbeda dan ingin mendapat karir yang sesuai dengan kepribadian kita, yang perlu Anda lakukan adalah berdoa, bersemangat dan berusaha. Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan adalah mempromosikan diri Anda. Bagaimana caranya? Lihat yang dilakukan banyak perusahaan. 
Ketika ingin mempromosikan diri dan produk-produknya, perusahaan sering memakai jasa ahli dari luar [outsourcing]. Biasanya, mereka sewa ahli periklanan dan pemasaran yang paham betul cara mempromosikan perusahaan, memasarkan produk, dan menciptakan citra perusahaan. Sebenarnya situasi Anda mirip dengan perusahaan.
Anda juga perlu mempromosikan diri, mendiferensiasi diri Anda dari para pesaing, dan menciptakan citra diri yang positif. Sehingga ketika ditanya, “Kenapa Anda layak bekerja di perusahaan ini?” Anda punya jawaban yang meyakinkan.. Oleh sebab itu pelatihan membuat surat lamaran kerja dan curriculum vitae sangat penting, agar anda bisa membangun citra diri dan mempromosikan diri anda sendiri dengan tepat dan efektif.

KURIKULUM PEMBELAJARAN


Tujuan
Kegiatan
Durasi
Indikator

Jobhunting: 150 menit
Menentukan Tujuan Karir
Menonton Video
Menulis Tujuan Karir
30 menit
Peserta mampu menentukan karir yang dituju
Mengumpulkan portfolio
Diskusi Studi Kasus
60 menit
Peserta mampu menganalisis pengalaman kerja yang dimiliki beserta fakta pendukungnya
Pengalaman Kerja Ada Dimana-mana
Presentasi
30 menit
Peserta memahami cara membangun portfolio pengalaman kerja dan jaringan
Menyusun Rencana Tindak Lanjut
Menulis Rencana Tindak
30 menit
Peserta memiliki rencana tindak lanjut

Curriculum Vitae: 150 Menit
Hidup Anda Unik Begitu Pula Curriculum Vitae Anda
Presentasi
Diskusi
15 menit
15 menit
Peserta memahami format dan kerangka curriculum vitae
Presentasi
Diskusi
15 menit
15 menit
Peserta memahami cara-cara untuk menampilkan kesan unik dengan pemakaian bahasa yang efektif
Menulis Curriculum Vitae
Revisi Curriculum Vitae
Presentasi
60 menit

30 menit
Peserta mampu menulis curriculum vitae yang efektif

Surat Lamaran Kerja: 150 Menit
Mengidentifikasi potensi dan fakta pendukung
Presentasi
Tugas Perorangan
20 menit
30 menit
Peserta dapat menganalisis potensi beserta faktanya
Mengidentifikasi Manfaat Bagi Perusahaan/Calon Atasan
Presentasi
Tugas Perorangan
20 menit
30 menit
Peserta dapat menganalisis manfaat yang dapat diberikan bagi perusahaan/calon atasan
Merangkai Potensi, Fakta dan Manfaat
Kerja Kelompok
Revisi Surat Lamaran Kerja

Presentasi
50 menit



20 menit
Peserta mampu menulis surat lamaran kerja secara efektif dengan cara menyampaikan potensi, fakta, manfaat serta membuka dan menutup surat dengan memikat.

Wawancara Kerja: 120 menit
Memahami Kekhawatiran Calon Atasan dan Cara Mengatasinya
Presentasi
15 menit
Peserta mengerti kekhawatiran pewawancara dan cara mengatasinya
Pertanyaan & Jawaban
Tugas Kelompok
Role Play
90 menit
Peserta mendapat pengalaman menghadapi wawancara kerja
Kejutan Wawancara
Presentasi
15 menit
Peserta mengerti cara-cara memukau saat wawancara dan pasca wawancara


Tentang Trainer


Riana Puspasari

Belasan tahun ini saya bekerja di bidang pembangunan sosial, antara lain di Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ), United Nations Development Fund for Women [UNIFEM], sebuah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa [PBB] untuk pemberdayaan perempuan, Yayasan Tifa, The Asia Foundation, dan Yayasan Jurnal Perempuan.

Saya mengenyam pendidikan di Universitas Gadjah Mada, Fakultas Sastra, Jurusan Sastra Prancis. Kemudian melanjutkan pendidikan di Program Manajemen Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia.

Salah satu minat besar saya adalah belajar dan mengajar tentang pengembangan karir, entrepreneurship, social entrepreneurship dan community development.

Puspa Nusantara
Jl. Teuku Umar Bayalangu - Gegesik
Cirebon 45164 – INDONESIA
E-mail: info@puspanusantara.co.id / puspanusantara@yahoo.co.id
Facebook : PuspaNusantara Outbound

For Outbound Reservation
.
Please Call Rohan:
(0231) 8830388
082127175175