Sabtu, 27 Juni 2015

Rekreasi dan Pengenalan Profesi

Dibalik kemajuan teknologi modern bukan hanya memberi nilai positif bagi anak tapi juga memiliki nilai negatif, contohnya permainan gam online yang sekarang di gandrung anak-anak kita ternyata berdampak aspek eksistensial dalam diri anak yang tersamar. Permainan modern cenderung mengarahkan dan membentuk anak menjadi individualis. Dengan bermain permainan teknologi atau virtual, anak cenderung membentuk dunianya sendiri dan menciptakan imajinasi. Anak akan semakin terasing dalam dunia nyata dan larut dalam dunia imajinasi, hal ini akan mempengaruhi kegiatan sosial di sekitar anak. Kegiatan sosial anak hendaknya dipupuk sejak dini.

Bersosialisasi merupakan aspek penting dalam hidup berdampingan sesama manusia. Anak-anak hendaknya berinteraksi dengan teman-teman di sekitarnya. Salah satu usaha berinteraksi adalah dengan membentuk kegiatan yang bermanfaat, menarik minat anak, dan yang terpenting, mengutamakan aspek edukasi. Kegiatan berinteraksi dapat dilakukan dengan rekreasi, bercengkrama dan saling mengenal. Kegiatan edukasi dapat berupa permainan yang berbasis edukasi, anak-anak akan belajar informal. Ekspresi dan apresisasi permainan diwujudkan dengan berinteraksi langsung dan aspek edukasi mengajarkan anak untuk memahami kegiatan di lingkungan sekitarnya.

Kegiatan rekreasi berbasis edukasi, dapat bermanfaat bagi anak-anak dalam aspek kepintaran dan bersosialisasi. Anak-anak dapat berinteraksi, menghormati sesama serta belajar memahami kegiatan yang dilakukan. Dengan adanya wahana untuk mengimplementasikan profesi yang dicita- citakan, dapat membantu anak-anak memahami sifat, tanggung jawab, dan kewajiban yang terdapat pada setiap profesi. Proses demikian dapat menjadikan daya ingat anak lebih baik, serta dapat menyalurkan cita-cita setiap anak dengan kegiatan yang positif dan berguna.
Dengan kegiatan Rekreasi dan Pengenalan Profesi, Puspa Nusantara Otbound Training mencoba mengarahkan dan mengenalkan anak pada profesi dihadapannya. Profesi yang ditawarkan dalam Kegiatan Rekreasi dan Pengenalan Profesi Anak di Puspa Nusantara Outbound adalah profesi yang membutuhkan kerjasama di dalam pengerjaannya, seperti dokter, polisi dan penjara, pemadam kebakaran, rumah pengadilan, teater dan akting, melukis, supermarket, pabrik. Kegiatan Rekreasi dan Pengenalan Profesi Anak Puspa Nusantara merupakan wahana kegiatan profesi yang dibangun untuk anak-anak berusia 5-10 tahun.